Pengembangan Flipbook Maker Pada Materi Teknik Dasar Pengolahan Makanan di SMK Negeri 4 Bangli
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis flipbook pada materi teknik pengolahan makanan dasar kelas X keahlian tata boga pada mata pelajaran dasar-dasar tata boga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Dalam penelitian menggunakan subjek uji kelompok kecil pada 10 orang siswa Kelas X yang telah memperoleh mata pelajaran dasar-dasar tata boga, dan penilaian dari 3 orang ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan angket dengan skala likert sebagai jenjang penilaian. Menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian validitas menunjukkan bahwa media dinyatakan “sangat layak”, dengan presentase skor kelayakan ahli materi sebesar 94% dari ahli materi, 96% dari ahli media, dan 95% dari ahli desain pembelajaran. Persentase validitas yang tinggi dari para ahli menunjukkan bahwa E-Modul Interaktif berbasis Flipbook Maker tentang Teknik Pengolahan Pangan Dasar terbukti sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas X SMK Negeri 4 Bangli. Produk ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan menarik yang dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa.
Kata Kunci: Pengembangan E-Modul, 4D, Flipbook, Teknik Pengolahan Makanan Dasar.
References
Agus Rustamana, Khansa Hasna Sahl, Delia Ardianti, & Ahmad Hisyam Syauqi Solihin. (2024). Penelitian Dan Pengembangan (Research &Amp; Development) Dalam Pendidikan. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. Https://Doi.Org/10.61132/Bima.V2i3.1014
Aliyyah, S. R., Pangesthi, L. T., Huda, I., Dewi, P., & Handajani, S. (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Materi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Kerja (P3K) Untuk Siswa SMK Kuliner. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 232–238. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V10i1.2903
Ameriza, I., Jalinus, N., Kunci, K., Pengembangan E-Modul, :, Dan, S., & Digital, K. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Flipbook Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 181–186. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.İd/İndex.Php/JEU/İndex
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Medıa Pembelajaran Vırtual Realıty Pada Materı Pengenalan Termınatıon Dan Splıcıng Fıber Optıc. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 29. Https://Doi.Org/10.24269/Dpp.V0i0.2298
Dewi, I. D. A. W. S., & Sujana, I. W. (2022). Media Flipbook Berorientasi Pendekatan Kontekstual Pada Muatan IPS Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 244–258. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V5i2.46404
Dona Nengsih;, Winda Febrina;, Maifalinda;, & Junaidi. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka (Dona Nengsih; Winda Febrina; Maifalinda; Junaidi). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, Vol. 8, No.1, (2024). Https://Ejournal.Kompetif.Com/İndex.Php/Diklatreview/Article/Download/1738/1211
Istri, C., Marsiti, R., Santyasa, W., Gde, I., Sudatha, W., & Sudarma, K. (2023). Pengembangan Multımedıa Pembelajaran Pada Elemen Pengolahan Makanan Dan Mınuman Sub Elemen Hıdangam Soup. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 20(1).
Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. Https://Doi.Org/10.38048/Jcp.V3i3.1914
Rhesta Ayu Oktaviara, & Triesninda Pahlevi. (2019). Pengembangan E-Modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar Rhesta Ayu Oktaviara. Https://Ejournal.Unesa.Ac.İd/İndex.Php/JPAPUNESA/Article/View/29542/27066
Salsabela, T., Pangesthi, L. T., Miranti, M. G., Purwidiani, N., Boga, P. T., & Surabaya, U. N. (2022). JURNAL TATA BOGA PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SOUP. 11(2), 128–139. Https://Ejournal.Unesa.Ac.İd/İndex.Php/Jurnal-Tata-Boga/
Shidqon Famulaqih, & Aceng Lukman. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Modul Pembelajaran. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, Vol.1, No.2, 1. Https://Doi.Org/DOI:Https://Doi.Org/10.61132/Karakter.V1i4.156
Sri Rahayu, M., Hasan, I., Sari, M., & Yunus Batusangkar, M. (2023). Relavansı Kurıkulum Dan Pembelajaran Dalam Pendıdıkan. Juni, 4(1), 108–118. Http://Ejournal.Undhari.Ac.İd/İndex.Php/De_Journal
Zoya F. Sumampow, Bella Felicita Rambitan, Marisca Sadsuitubun, Neiles Wakur, & Syerri Yullita Sumual. (2024). Pembaruan Kurıkulum Dı Era Dıgıtal: Tınjauan Lıteratur Tentang Strategı Manajemen Dan Evaluası Yang Efektıf. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 09 No 02, (2024). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V9i2.14197
Copyright (c) 2025 Luh Kade Putri Wina Pusparini, Ni Wayan Sukerti, Luh Masdarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.