Mengenal Peran User pada Online Journal System (OJS)

OJS PKP (https://pkp.sfu.ca/ojs/)

Dalam Open Journal System (OJS), setiap user dibagi pada berbagai akun untuk menjalankan fungsi sesuai peran masing-masing. Setidaknya ada sebelas (11) peran user dalam OJS, yaitu: 

  1. Site Administrator, Site Administrator bertanggungjawab terhadap seluruh instalasi OJS, memastikan setting server bekerja dengan baik, dan melakukan instalasi jurnal baru ke OJS. Akun site administrator dibuat pada saat proses instalasi OJS pertama kali.
  2. Journal Manager, Journal Manager bertanggungjawab untuk menyiapkan situs web jurnal, mengkonfigurasi opsi-opsi sistem, dan mengelola akun user. Journal Manager juga melakukan pendaftaran untuk editor, section editor, copyeditor, layout editor, proofreader, author, dan reviewer. Journal Manager juga memiliki akses untuk mengelola fitur-fitur jurnal, dan dapat membuat katagori baru untuk jurnal, menyetting form review, mengubah email, mengelola Reading Tools, melihat statistik dan laporan, dan masih banyak lagi.
  3. Pembaca (Reader), Pembaca dalam E-Journal adalah seorang yang dapat mengakses jurnal, baik jurnal berlangganan maupun jurnal yang dapat diakses secara terbuka (open access journal). Pembaca yang terdaftar akan menerima pemberitahuan publikasi setiap edisi termasuk daftar isi jurnal.
  4. Penulis (Author), User sebagai penulis dapat mengirimkan naskah ke jurnal secara online ke situs jurnal yang ada di E-Journal. Penulis cukup mengungggah file naskah dan menyediakan metadata atau informasi yang digunakan untuk pengindeksan. Metadata berfungsi untuk meningkatkan kemampuan pencarian artikel jurnal secara online oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo! Baidu dan sebagainya. Seorang penulis juga dapat melacak naskah yang diajukan melalui proses review dan editorial, maupun berpartisipasi dalam copyediting dan proofreading dari naskah-naskah yang telah diterima untuk publikasi, dengan terlebih dahulu log in ke situs jurnal.
  5. Editor, Editor bertugas mengawasi seluruh proses review, editing, dan penerbitan jurnal. Editor bekerja dengan Journal Manager dalam menetapkan kebijakan dan prosedur penerbitan jurnal. Dalam proses editorial, editor memberikan tugas ke section editor untuk memeriksa (review) dan mengedit naskah artikel jurnal yang masuk. Editor terus mengawasi perkembangan proses review dan editorial termasuk copyediting, layout editing, proofreading, serta membantu section editor jika menjumpai kesulitan. Editor juga bertugas membantu edisi jurnal, menjadwalkan publikasi jurnal, menyusun daftar isi jurnal, dan menerbitkan jurnal sebagai bagian dari proses publikasi.
  6. Section Editor, Bertugas mengatur dan bertanggungjawab terhadap artikel yang sudah diedit oleh editor dan disunting oleh mitra bestari.
  7. Reviewer, Reviewer adalah penyunting dari dalam dan mitra bestari yang ditunjuk oleh section editor untuk menyunting naskah jurnal. Reviewer bertanggungjawab terhadap naskah yang telah disuntingnya untuk dikirimkan kembali ke editor dan penulis.
  8. Subscription Manager, Mengelola jurnal langganan dan jenis langganan, dan dapat juga mengkonfigurasi sistem pembayaran untuk proses berlangganan jurnal. Di dalam buku ini tidak dijelaskan secara khusus panduan untuk subcriptiion manager, karena tugas yang dimilikinya merupakan bagian kecil dari Journal Manager.
  9. Copyeditor, Bertugas mengatur tata bahasa dan menyunting kalimat sehingga dimengerti oleh para pembaca, memeriksa kemungkinan adanya kesalahan, dan memastikan bahwa artikel sudah sesuai dengan gaya selingkung jurnal yang bersangkutan. Copyeditor juga berperan menerima artikel dari section meditor melalui email untuk disalin dan diedit
  10. Layout Editor, Mengubah artikel yang sudah disalin dan diedit ke dalam format HTML, PDF, dan/atau PS untuk penerbitan elektronik.
  11. Proofreader, Membaca dan mengoreksi artikel yang sudah di-layout dalam berbagai format yang siap untuk dipublikasikan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *